Mengenal Sejarah Salah Satu Permainan Poker | Agen Poker | Poker Online | Dewa Poker

infinity logo
livechat

Mengenal Sejarah Salah Satu Permainan Poker

Mengenal Sejarah Zinga Poker

Pastinya mereka yang sering bergabung di jejaring sosial Facebook sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Walaupun misalnya orang tersebut tidak pernah memainkannya, setidaknya pasti sering mendengar atau melihat pemberitahuan mengenai permainan ini. Permainan tersebut adalah Zinga Poker, sejenis permainan kartu yang memainkannya mirip dengan permainan poker yang seperti permainan poker biasa. Permainan ini sudah ada di facebook selama kurang lebih empat tahun dan telah memiliki jumlah pemain yang luar biasa. Sehingga termasuk ke dalam salah satu jenis permainan terpopuler di jejaring sosial tersebut. Selain Zinga juga terdapat permainan poker yang lain seperti Texas Holdem Poker, dan berbagai macam permainan poker lainnya. Namun kali ini kita akan membahas permainan poker yang miliki nama zinga ini.

Sejarah Zinga

Adalah empat sekawan yakni Scott Sale, Mark Pincus, John Doerr dan Kyle Steward yang pada tahun 2007. Ketika itu empat sekawan ini kebetulan mendapatkan dana dari sebuah perusahaan besar yang dipimpin oleh Kleiners Perkins Caufield & Byers. Dana yang digelontorkan pada saat itu mencapai dua puluh sembilan juta dolar Amerika, yang kemudian oleh keempat sekawan tersebut dana itu dipakai untuk membuat dan mengembangkan seuah perusahaan yang berfokus pada pembuatan game zinga poker tersebut. Perusahaan tersebut akhirnya diberi nama Zinga, yakni merupakan nama hewan peliharaan Mark Pincus, seekor anjing dari jenis bulldog. Sekaligus menjadikan anjing itu sebagai simbol dari permainan ini. Bisa kita lihat simbol tersebut di sebelah kiri tulisan Zinga, pada logo permainan tersebut.

Permainan ini, dalam dua tahun sejak dioperasikan telah memiliki enam puluh juta pengguna yang aktif memainkan permainan tersebut. dan setelah tiga tahun, perusahaan ini telah berhasil mengembangkan manajemen mereka hingga memiliki jumlah karyawan hingga seribu orang. Sebuah jumlah yang fantastis untuk perusahaan pembuat game. Melihat pencapaian yang berhasil diraih software game Zinga poker tersebut, maka perusahaan memutuskan untuk membuka cabang di India.

Sempat Keluar Dari Facebook

Sekitar pertengahan Mei 2010 yang lalu ada sebuah permasalahan yang terjadi antara perusahaan Zinga dan juga manajemen Facebook. Yang mana pada waktu itu pihak Zinga poker sampai mengancam akan keluar dari facebook. Permasalahan pun semakin meruncing, beragam negosiasi yang dilakukan tidak memberikan hasil yang positif, hingga akhirnya hubungan kerjasama pun diakhiri, dan facebook membekukan beberapa permainan milik perusahaan zinga, termasuk Farmville. Namun demikian pihak perusahaan Zinga terus membuat kerjasama demi kerjasama dengan banyak perusahaan pembuat game, dan, membuat sendiri jaringan game Zinga.

Perkembangan perusahaan ini terus mengalami kemajuan, perusahaan zinga yang mulanya hanya membuat zinga poker terus melebarkan sayap mereka, dan terus berkembang secara mandiri, dan memperbesar jaringan game Zinga, yang bernama Zinga Live. Facebook pun kembali melirik zinga dan melalui wakilnya yakni Sheryl Sandberg, COO dari Facebook, mereka menawarkan sebuah kerjasama yang baru. Kesepakan pun diperoleh, dan Facebook melalui wakilnya tersebut percaya dan optimis dengan kerjasama yang dijalin tersebut.

Namun Zinga tidak hanya berhenti sampai disana, mereka tersus menjalin banyak kerjasama dengan berbagai macam perusahaan pembuat game, yang akhirnya diakuisisi oleh Dextore. Perkembangan terakhir menyebutkan bahwa perusahaan asal Eropa tersebut telah berkembang dengan baik, dan telah memiliki cukup banyak cabang di banyak negara yakni Los Angeles, Tokto, Boston dan juga Beijing, serta di beberapa negara lain. Namun produsen atau pihak perusahaan Zinga tidak berhenti sampai disitu, mereka terus berinovasi, dan terus melebarkan sayap dengan cara membuat bermacam – macam kerjasama dengan lebih banyak lagi perusahaan pembuat game.

Terakhir pada Oktober 2010 lalu Zinga bekerjasama dengan Bonfire studios, yang membuat zynga mengubah atau menambahkan kata pada nama belakangnya menjadi Zinga Dallas. Sebuah kerjasama yang sangat menguntungkan bagi Zynga, yang mana mereka berhasil mengembangkan kerjasama tersebut, sehingga zynga sendiri mampu menambah jumlah karyawan yang mereka miliki hingga mencapai seribu tiga ratus orang yang tersebar merata di sejumlah negara. Zinga poker tak henti-hentinya menggembangkan sayapanya, salah satu cara lain dengan menggaet artis kelas dunia untuk mengembangkan usaha mereka. Seperti pada saat mereka memutuskan untuk bekerjasama dengan penyanyi Lady Gaga yang cukup fenomenal tersebut. Kerjasama ini berhasil meledakkan pendapatan Zynga hingga mencapai lima ratus juta dolar Amerika, dan di prediksi bahwa nilai tersebut akan terus bertambah hingga mencapai sepuluh miliar dolar amerika.

Merupakan sebuah nilai penghasilan yang luar biasa yang bisa di capai oleh pembuat game, yang diawali hanya dari suntikan dana yang hanya sebesar dua puluh sembilan juta dolar amerika tersebut. Zinga juga aktif dalam membrikan bantuan untuk kemanusiaan. Tercatat, bahwa Zinga telah memberikan sumbangan dengan jumlah yang cukup besar, kepada para korban bencana yakni gempa Tokyo, yang menimpa Jepang pada tahun 2011 silam. Ini adalah sejarah yang menarik, dari sebuah perusahaan menarik, yang memiliki jenis permainan yang menarik. Tentunya segala pencapaian tersebut adalah sebuah hasil yang sangat menggembirakan yang diawali oleh kehadiran sebuah game poker yang bernama Zynga poker.

Komentar


*